Kamis, 19 Februari 2009

INDOSAT RAIH TIGA (3) TOP BRAND AWARD 2009


Indosat kembali meraih Top Brand Award 2009 untuk tiga produk selulernya yaitu kategori Simcard GSM Paska Bayar untuk Matrix dan kategori Simcard GSM Prabayar untuk Mentari dan IM3. Penghargaan diberikan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing. Top Brand Award 2009 yang diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, adalah sebuah penghargaan prestisius yang diberikan kepada merek-merek yang berhasil meraih posisi puncak sebagai merek yang paling mendapat tempat di hati konsumen. Penghargaan ini sekaligus menjadi penghargaan kedua di tahun 2009 untuk produk seluler Indosat, dimana sebelumnya Indosat mendapat penghargaan dari Forsel Award untuk produk GSM pilihan pelanggan.

“Penghargaan terhadap 3 brand Indosat yaitu Matrix, IM3 dan Mentari menjadi bukti bahwa kartu prabayar dan paskabayar Indosat diterima dengan baik oleh masyarakat untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan telekomunikasi mereka. Penghargaan ini sekaligus merupakan pengakuan terhadap berbagai program marketing dan brand building yang ditujukan untuk memperkuat brand produk seluler Indosat dan tentu saja meningkatkan penjualannya” demikian disampaikan Teguh Prasetya, Group Head Brand Marketing Indosat usai menerima penghargaan tersebut.

Dengan diperolehnya Top Brand Award, menunjukkan ketiga produk seluler Indosat tersebut cukup dikenal secara luas oleh konsumen (top mind share), memiliki pasar yang tinggi (top market share), serta tingkat loyalitas konsumen yang tinggi (top commitment share). Hal ini menunjukkan kekuatan ketiga brand Indosat yang diwujudkan dalam hal perilaku aktual pembelian dari konsumen.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Top Brand Award merupakan hasil survei berskala nasional yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group bekerjasama dengan majalah Marketing. Survei ini dilakukan di 6 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar).

Top Brand ditentukan berdasarkan indikator kekuatan merek yang diberi nama Top Brand Index (TBI) dengan melibatkan sebanyak 3.000 responden per kategori dari berbagai lapisan usia dengan tingkat SESE (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp. 750 ribu perbulan) hingga SESA (pengeluaran rata-trata lebih dari Rp. 3,5 juta per bulan) di berbagai kota.

Top Brand Index diformulasikan berdasarkan tiga variable, yaitu Mind Share, Market Share, dan Commitment Share. Variabel mind share, mengindikasikan kekuatan merek di dalam benak konsumen untuk kategori produk yang bersangkutan. Market share, menunjukan kekuatan merek di dalam pasar tertentu dalam hal prilaku pembelian aktual dari konsumen. Sedangkan variable commitment share, mengindikasikan kekuatan merek dalam mendorong konsumen untuk membeli merek terkait di masa mendatang.

“Kategori sebagai Top Brand merupakan pengakuan terhadap kualitas layanan kami di tengah persaingan ketat produk-produk sejenis di industri telekomunikasi saat ini,” tambah Teguh Prasetya.

Sementara itu di ajang yang sama, anak perusahaan Indosat di bidang internet dan multimedia (Indosat M2) juga berhasil meraih Top Brand Award 2009 untuk kategori Internet Provider, sehingga secara keseluruhan Indosat beserta anak perusahaannya membuktikan komitmen layanan yang berkualitas prima dengan meraih total 4 Top Brand Award 2009.

Sementara itu, mengawali tahun 2009 ini, Indosat menghadirkan program terbaru bagi pelanggan Mentari yaitu program GRATIS Ribuan Kali Nelpon Seharian, yang dapat dinikmati dengan cara pemakaian pulsa ke sesama pelanggan seluler Indosat hingga mencapai akumulasi minimal Rp. 1500,-, setelah itu pelanggan dapat menikmati panggilan ke sesama nomor Indosat (Matrix, Mentari, IM3 dan StarOne) Gratis Ribuan Kali Nelpon Seharian selama 7200 detik (2 jam), baik untuk percakapan lokal maupun SLJJ. Program ini berlaku dari 16 Januari 2009 hingga 31 Maret 2009.

Indosat secara terus-menerus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanannya, tidak hanya melalui pengembangan jaringan namun juga dengan mengembangkan program-program dan layanan nilai tambah yang disesuaikan dengan segmen dan kebutuhan pelanggan secara lebih spesifik (jowL)

Tidak ada komentar: