Selasa, 25 Mei 2010

INDOSAT RAIH TOP BRAND AWARD 2009 Untuk Produk Matrix, IM3 dan Indosat Broadband


Jakarta, 10 Februari 2009 – Indosat kembali mendapatkan Top Brand Award 2010 untuk tiga produknya yaitu kategori Simcard GSM Paskabayar untuk Matrix dan Simcard GSM Prabayar untuk IM3 serta layanan Internet untuk Indosat Broadband. Penghargaan diselenggarakan dan diberikan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing. Top Brand Award 2010 adalah sebuah penghargaan prestisius yang diberikan kepada merek-merek yang berhasil meraih posisi puncak sebagai merek yang paling mendapat tempat di hati konsumen. Penghargaan ini sekaligus menjadi penghargaan ketiga di awal tahun 2010 untuk produk seluler Indosat, dimana sebelumnya Indosat mendapat penghargaan dari Forsel Award untuk produk GSM Prabayar IM3 pilihan pelanggan serta penghargaan dari Arbey Consulting untuk produk Blackberry Indosat.


“Penghargaan terhadap 3 brand Indosat yaitu Matrix, IM3 dan Indosat Broadband menjadi bukti bahwa layanan paskabayar, prabayar dan Indosat Broadband diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai solusi terhadap kebutuhan telekomunikasi mereka. Penghargaan ini juga semakin memotivasi kami untuk terus memberikan layanan yang berkualitas yang dapat memperkuat brand produk Indosat sehingga makin diminati masyarakat” demikian disampaikan Fuad Fachroeddin, Group Head Strategic Marketing Indosat usai menerima penghargaan tersebut.


Penghargaan yang diperoleh Indosat ini juga sejalan dengan upaya perusahaan yang ingin terus meningkatkan kualitas layanan kepada total 33,1 juta pelanggannya di akhir tahun 2009 yang sekaligus mengokohkan posisi Indosat sebagai operator seluler terkemuka ke-2 di Indonesia. Pencapaian jumlah pelanggan ini tidak lepas dari “Value Strategy” dengan menekankan pada “customer focus” untuk mendapatkan pelanggan yang benar-benar berkualitas. Pencapaian jumlah pelanggan ini juga didukung oleh berbagai upaya penjualan secara agresif di 8 kantor regional serta 36 kantor cabang di seluruh Indonesia serta peningkatan kapasitas jaringan secara terus menerus di samping perluasan cakupan layanan. Saat ini layanan Indosat sudah mencakup seluruh propinsi, 97,50% kabupaten dan 70,35% kecamatan di Indonesia.


Penghargaan yang diberikan oleh Top Brand Award terhadap ketiga brand Indosat berdasarkan pada beberapa faktor dimana produk Indosat dinilai cukup dikenal secara luas oleh konsumen (top mind share), memiliki pasar yang tinggi (top market share), serta tingkat loyalitas konsumen yang tinggi (top commitment share). Ketiga faktor ini dibuktikan melalui perilaku aktual pembelian dari konsumen di pasar.


Top Brand Award diberikan kepada merek-merek yang memenuhi 2 kriteria, yaitu merek-merek yang memperoleh Top Brand Index (TBI) minimum 10% serta merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi top three di dalam kategori produknya. Top Brand Index diukur dengan menggunakan 3 parameter, yaitu top of mind awareness (marek yang paling diingat), last used (merek yang terakhir kali dibeli atau digunakan) dan future intention (merek yang akan dipilih kembali di masa mendatang)


Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Top Brand Award merupakan hasil survei berskala nasional yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group bekerjasama dengan majalah Marketing. Survei ini dilakukan di 6 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar) . Survei ini melibatkan 3600 responden pria atau wanita yang berusia antara 15-65 tahun dengan tingkat SES antara SES E (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp. 750 ribu perbulan) hingga SES A (pengeluaran rata-rata lebih dari 3,5 juta perbulan).


Sementara itu di ajang yang sama, anak perusahaan Indosat, IM2 juga berhasil meraih Top Brand Award 2010 untuk kategori Internet Service Provider, sehingga secara keseluruhan Indosat beserta anak perusahaannya membuktikan komitmen layanan yang berkualitas prima dengan meraih total 4 Top Brand Award 2010 (jowL)

Tidak ada komentar: