Kamis, 23 Juli 2009

JARINGAN INDOSAT LAYANI DENGAN BAIK SAAT PILPRES 2009

Jakarta, 9 Juli 2009 – Jaringan telekomunikasi seluler Indosat berhasil melayani pelanggan dengan baik selama berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009. Kesiapan jaringan dalam mengantisipasi kenaikan trafik ini dilakukan Indosat dalam upaya mendukung kelancaran jalannya puncak pesta demokrasi Indonesia, sehingga masyarakat dan pelanggan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar saat merayakan pesta demokrasi ini melalui kegiatan mencontreng calon presiden dan wakil presiden yang mereka pilih.

”Saat berlangsungnya Pilpres 2009 ini merupakan salah satu kondisi yang kami perkirakan akan mengalami kenaikan trafik yang cukup signifikan, apalagi masih bersamaan dengan akhir masa liburan sekolah. Kesiapan jaringan sangat penting untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik ini, sehingga dapat turut mendukung kelancaran jalannya pesta demokrasi bagi masyarakat Indonesia,” demikian penjelasan Adita Irawati, Division Head Public Relations Indosat.
Indosat secara berkala telah mempersiapkan kondisi jaringan telekomunikasinya sejak awal tahun guna menghadapi kebutuhan di masa-masa sibuk trafik telekomunikasi selama satu tahun ke depan, seperti saat hari raya (Lebaran, Natal, Tahun Baru), liburan sekolah, liburan akhir tahun, termasuk saat-saat acara besar berskala nasional seperti Pemilihan Umum/Pemilihan Presiden tahun ini.

Kondisi jaringan menjelang hari H pemilihan presiden 8 Juli 2009 sudah mulai menunjukkan kenaikan trafik, baik trafik suara maupun SMS. Trafik suara pada saat Pilpres yaitu Rabu 8 Juli 2009 mengalami kenaikan trafik sebesar 33,46% dibandingkan dengan trafik hari biasa pada awal Juni (tgl 1 Juni) 2009.

Sementara untuk trafik SMS, kenaikan mulai terjadi juga pada beberapa hari menjelang Pilpres 2009, dimana kenaikan trafik SMS pada 8 Juli 2009 sebesar 10,32% dibandingkan dengan trafik hari biasa di awal Juni (tgl 1 Juni) 2009, dengan total volume SMS pada hari tersebut 242,8 juta SMS.

Untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat saat Pilpres mencapai 94,3% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal di jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke operator lain saat Pilpres mencapai 94,07% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.
Sementara itu, untuk trafik data (2G dan 3G), terlihat peningkatan trafik yang terus berlanjut setiap hari, dimana trafik harian pada saat Pilpres 8 Juli 2009 sebesar 14,6 terabyte per hari. Ini meningkat 13,53% jika dibandingkan trafik data pada awal Juni (tgl 1 Juni) 2009.

Lonjakan trafik telekomunikasi terjadi hampir merata di semua wilayah, namun kenaikan tertinggi terjadi di beberapa tempat berturut-turut antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Kami terus berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan Indosat di masa Pemilihan Presiden 2009 yang juga bertepatan dengan liburan sekolah. Kami berharap pelanggan dapat menikmati akses layanan telekomunikasi kapanpun dan dimanapun dengan nyaman dan lancar”, tambah Adita (jowL)

Tidak ada komentar: