Selasa, 17 Maret 2009

Menapak Jejak Sang Idola di SMKN 2 Pekalongan

Peringatan Maulid Nabi SAW 1430 H


Dalam rangka memperingati Maulid nabi Muhammad SAW 1430 H, adik-adik SMKN 2 Pekalongan yang telah tergabung menjadi IM3 Community mengadakan kegiatan keagamaan berupa tabligh akbar. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu 15 Maret 2009 ini dihadiri oleh seluruh siswa – siswi SMKN 2 Pekalongan. Indosat reps Pekalongan turut mendukung acara ini dengan mensupport backdrop dan mendatangkan penceramah.

Salah satu bagian dari kegiatan ini adalah UJ session, yaitu siraman rohani oleh UJ (Ustadz Jumadi) yang merupakan koordinator Marcomm Indosat Cabang Tegal. Dalam ceramahnya kali ini, UJ mengambil topik ’Menapak Jejak Sang Idola’. Beliau berkisah tentang perjalanan hidup nabi Muhammad SAW sejak lahir sampai dewasa dan kemudian menyebarkan Islam di Mekkah dan Madinah. Sebagai umatnya kita harus mengambil hikmah perjalanan nabi Muhammad SAW tersebut. Tidak hanya itu, kita juga harus menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan kita saat ini. Beberapa nilai yang bisa diambil dari perjalanan hidup nabi Muhammad SAW adalah:

  1. Membuat rencana hidup. Maksudnya adalah hidup kita harus penuh dengan perencanaan. Dalam hidup, kita juga harus memiliki visi dan misi yang terarah dan benar.
  2. Berjuang untuk meraih cita – cita. Maksudnya, kita tidak bisa begitu saja mendapatkan apa yang kita inginkan ataupun begitu saja meraih cita – cita. Diperlukan perjuangan dan usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.
  3. Membina persaudaraan Islam. Maksudnya, kita harus menjaga persaudaraan antar sesama pemeluk Islam di seluruh dunia tanpa memandang batas wilayah, status sosial, ekonomi, dll.

Materi disampaikan secara santai serta diselingi guyonan, sehingga mampu menarik minat siswa untuk lebih memahami ceramah yang diberikan.

Para siswa tidak terlihat jenuh karena kegiatan juga diselingi games seru dengan beragam hadiah dari Indosat. Beberapa waktu sebelumnya SMKN 2 sudah melaksanakan lomba kaligrafi, dan acara tabligh akbar ini merupakan acara puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1430 H. Pada kesempatan ini juga diserahkan hadia kepada para pemenang oleh Bpk. Cok Mahendra selaku kareps Indosat Pekalongan (jowL)